Girls' Generation sudah mulai menarik perhatian di awal karir mereka lewat lagu-lagu seperti "Into the New World" dan "Kissing You", namun baru pada tahun 2009 mereka meraih popularitas yang signifikan lewat singel "Gee", yang kemudian dinamai sebagai Song of the Decade di Korea Selatan.[3] Grup ini semakin memantapkan posisi mereka di industri musik Korea dengan singel-singel berikutnya seperti "Tell Me Your Wish (Genie)", "Oh!, "Run Devil Run", dan "Hoot". Pada tahun 2011, mereka kembali ke kancah musik Korea dengan lagu "The Boys" yang dirilis dalam tiga bahasa: Korea, Jepang, dan untuk pertama kalinya, Inggris. Dalam rentang waktu lima tahun, grup ini telah berhasil menjual total sebanyak 4,4 juta album dan 30 juta singel digital.[4][5] Popularitas yang sangat tinggi di Korea Selatan berhasil mengantarkan mereka meraih titel "The Nation's Singers" dan "The Nation's Girl Group".[6] Sisa Journal menamakan grup ini sebagai entertainer paling berpengaruh pada tahun 2011 dan 2012, menjadikan mereka sebagai grup wanita pertama dalam sejarah yang berhasil masuk daftar tersebut.[7] Asia Today menempatkan mereka di peringkat ke-44 dalam daftar 50 Korean Power Leaders pada tahun 2011.[8] Forbes juga menyatakan grup ini sebagai most powerful entertainers di Korea Selatan untuk tahun 2011.[4]
Girls' Generation memulai debutnya di kancah musik Jepang pada tahun 2010 di bawah naungan label Nayutawave Records dengan merilis versi bahasa Jepang dari lagu hits mereka "Tell Me Your Wish (Genie)" dan "Gee". Album pertama mereka di Jepang, Girls' Generation yang dirilis pada bulan Juni 2011 merupakan album oleh sebuah grup asal Korea yang paling banyak terjual dalam sejarah tangga lagu Oricon.[9]
Pada bulan April 2012, S.M. Entertainment membentuk Girls' Generation-TTS, sub-unit pertama grup ini yang beranggotakan Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun. Album mini mereka, Twinkle, berhasil mencapai peringkat ke-126 di Billboard 200 yang merupakan posisi tertinggi yang pernah dicapai oleh album K-pop di chart tersebut sampai saat ini.[10]
Pada Januari 2013, kelompok melakukan comeback di Korea dengan album studio keempat (enam keseluruhan) I Got a Boy, yang segera menjadi hits domestik dan global, menerima all-kill pada chart Korea[11] dan debut di #1 di chart Billboard "World Albums".[12] Peluncuran album ini diikuti dengan serangkaian pertunjukan live. Kelompok ini juga akan memulai Second Japan Arena Tour mereka pada Februari 2013.[13]
Karier
Pra-debut
Pembentukan Girls' Generation diumumkan pada 16 Juli 2007 disertai pengumuman resmi profil masing-masing anggota. Pada awalnya, mereka diberi nama Super Girl, versi wanita dari Super Junior.[14] Sebelum menjadi anggota Girls' Generation, mereka sudah dilatih sebagai penari dan penyanyi profesional. Sebagian di antaranya sudah dilatih di bidang akting dan modeling, serta berpengalaman menjadi model iklan di televisi dan majalah.Anggota yang pertama kali mengikuti sistem pelatihan S.M. Entertainment adalah Jessica pada tahun 2000, setelah dia dan adiknya, Krystal Jung (sekarang anggota girlband f(x)), ditemukan oleh pencari bakat di sebuah mall saat sedang berlibur di Korea.[15] Jessica disusul oleh Sooyoung dan Hyoyeon yang juga masuk ke S.M. Entertainment pada tahun 2000. Sebelumnya, Hyoyeon belajar menari di Winners Dance School, sebuah sekolah tari di Korea Selatan yang terkenal dengan spesialisasi di hip-hop.[16][17] Sooyoung sudah terlebih dulu menjalani debut di Jepang pada tahun 2002 sebagai anggota dari duo bernama Routeθ. Grup ini bubar hanya dalam waktu tahun setelah pendiriannya.[18] Yuri adalah anggota berikutnya yang diterima di S.M. setelah menjadi juara kedua di kompetisi 2001 SM Youth Best Dancer. Yoona masuk pada tahun 2002 setelah audisi dengan menyanyi dan menarikan lagu-lagu dari penyanyi favoritnya, BoA dan Britney Spears. Setahun berikutnya, Seohyun mengikuti audisi dengan menyanyikan lagu anak-anak. Anggota terakhir yang dimasukkan ke grup adalah Sunny, yang masuk sistem pada tahun 1998 dan sudah menjalani pelatihan selama lima tahun sebelum pindah ke perusahaan lain, Starworld, di mana dia dilatih untuk menjadi bagian dari sebuah duo bernama "Sugar" yang pada akhirnya tidak jadi debut. Kemudian di bawah rekomendasi Ayumi dia pun kembali pindah ke S.M. Entertainment pada tahun 2007.[19] Sunny juga merupakan keponakan dari pendiri S.M. Entertainment, Lee Soo Man.[20]
2007–2008: Debut dan album pertama
Pada bulan Juli 2007, Girls' Generation menjalani penampilan pertama tak resmi di Mnet School of Rock, di mana mereka membawakan singel pertama mereka yang berjudul "Into the New World" (다시 만난 세계, Dasi Mannan Segye). Sebuah acara dokumenter yang menceritakan kisah debut grup ini bertajuk Girls' Generation Goes to School juga direkam pada saat itu, menampilkan para anggota saat mereka pindah ke sebuah apartemen bersama-sama dan berlatih untuk penampilan mereka nantinya di atas panggung.Singel pertama grup ini dirilis tak lama setelahnya, termasuk di dalamnya adalah versi instrumental dari "Into the New World" serta dua lagu lainnya: "Beginning" dan "Perfect for You." Girls' Generation memulai debutnya secara resmi pada 5 Agustus 2007 dengan tampil di SBS Inkigayo, yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan di MBC Music Core dan KBS Music Bank. "Into the New World" meraih posisi no. 1 di M! Countdown.
Grup ini merilis album pertama mereka pada akhir musim gugur tahun 2007 dengan singel utama berjudul "Girls' Generation" (소녀시대, Sonyeo Sidae), sebuah daur ulang dari lagu milik Lee Seung-chul. Promosi untuk singel ini dimulai pada awal November. Album ini juga memuat singel pertama mereka "Into the New World", "Perfect For You" (dengan judul baru "Honey"), serta delapan lagu lainnya, dan berhasil terjual lebih dari 100.000 keping. [21]
Pada awal 2008, Girls' Generation mulai mempromosikan singel kedua dari album pertama mereka, "Kissing You", yang mengantarkan grup ini memenangkan piala K-chart pertama mereka setelah berhasil menempati posisi pertama di Music Bank.[22] Lagu ini juga meraih ranking pertama di Inkigayo dan M.Countdown!.
Pada bulan Maret 2008, album pertama mereka dikemas dan dirilis ulang dengan judul baru Baby Baby. Girls' Generation merilis teaser untuk singel "Baby Baby" pada 15 Maret 2008. Singel ini dirilis di situs musik digital pada 17 Maret 2008. Mereka juga menampilkan "Baby Baby" di berbagai acara musik seperti Music Core, Inkigayo dan M! Countdown pada bulan Maret dan April. Promosi untuk album ini berakhir pada 13 April 2008 di Inkigayo.[23]
Jessica, Tiffany dan Seohyun ikut mengambil bagian dalam album mini yang dirilis oleh Roommate, sebuah one-man band dari Purple Communication. Album mini tersebut berjudul Roommate: Emotional Band Aid, dan dirilis pada 1 Desember 2008. Lagu yang mereka nyanyikan berjudul "Oppa Nappa" (오빠 나빠; Bad Brother) terlebih dahulu dirilis secara digital pada bulan April 2008. Lagu ini sempat dibawakan secara live di Inkigayo, Music Bank, dan M! Countdown.[24][25]
Tak lama kemudian, tiga anggota tersebut juga merilis "Mabinogi" (It's Fantastic!), sebuah lagu tema untuk game dari Nexon, Mabinogi.[26] Acara realitas Mnet Factory Girl mengisahkan tentang para anggota yang bekerja sebagai intern di majalah mode Elle Girl.[27] Program ini mulai tayang pada awal Oktober.[28] Pada akhir tahun 2008, grup ini juga berpartisipasi di konser SMTown Live '08 bersama artis-artis SM Town lainnya. Tur konser ini menyambangi tiga negara yakni Korea Selatan, Thailand, dan Cina.
Pada 26 Desember 2008, poster-poster anggota Girls' Generation mengenakan roller-skates terpampang di berbagai lokasi di Seoul.[29] Tak lama kemudian S.M. Entertainment mengonfirmasi bahwa poster-poster tersebut memang merupakan poster teaser dan Girls' Generation akan segera merilis album mini pertama mereka, Gee, pada bulan Januari 2009.[30]
2009: Gee, Tell Me Your Wish (Genie), tur Asia pertama, dan peningkatan popularitas
Sebuah video teaser dirilis pada Januari 2009 dan singel pertama "Gee" segera dirilis. "Gee" menempati tempat pertama di chart musik Cyworld pada hari perilisan.[31] Lagu ini juga menempati nomor satu di semua chart musik utama digital dalam dua hari.[32] Video musik membuat rekor pada perilisan, mengumpulkan satu juta tontonan di GomTV di bawah satu hari.[33] Kelompok memulai promosi album ini pada Januari 2009 di MBC Show! Music Core dimana mereka menyanyikan singel utama baru mereka "Gee" dan track "Himnae (Way To Go)", lagu lain dari album mini mereka.Satu minggu setelah perilisan, "Gee" menempati #1 on KBS Music Bank; namun, pertanyaan itu muncul ketika kelompok tidak muncul di program, dengan menyebarkan desas-desus mengenai keretakan yang mungkin terjadi antara SM Entertainment dan KBS.[34] "Gee" juga menempati #1 di SBS Inkigayo satu minggu setelah mereka kembali.
"Gee" kemudian menjadi hits fenomenal, memecahkan rekor untuk nomor urut satu menang di KBS Music Bank dengan kemenangan sembilan kali berturut-turut, juga menerima triple crown di SBS Inkigayo. "Gee" pertama dipasangkan dengan "Nobody" oleh Wonder Girls untuk terpanjang #1 di portal musik M.Net (6 minggu).[35] Lagu ini kemudian memecahkan rekor dengan tetap di atas pada minggu ketujuh,[36] dan tetap dalam posisi bertahan untuk minggu kedelapan. Juga dipasangkan[37] kemudian memecahkan rekor terpanjang #1 di Music Bank, mengalahkan rekor 7 minggu yang sebelumnya ditetapkan oleh Jewelry pada 2008 dengan "One More Time".[37] "Gee" achieved its ninth #1 on the show on March 13, 2009.
SM Entertainment menyatakan bahwa lebih dari 100.000 eksemplar dari album mini yang dikirim ke toko, sedangkan penjualan perusahaan analis Hanteo melaporkan penjualan lebih dari 30.000 eksemplar dalam 10 hari pertama peluncurannya. Lagu ini juga menunjukkan kekuatan pada grafik lainnya, menempati tempat pertama di chart Mujikon, Melon dan Mnet untuk delapan minggu berturut-turut, chart Dosirak untuk tujuh minggu, chart Muse untuk enam minggu, dan chart Baksu untuk empat minggu.[38][39] The song also went number one on all major digital music charts within two days.[32] Gee mencapai nomor lagu dari dekade yang diberikan kepada mereka oleh salah satu situs musik online paling populer Korea, MelOn. [40]
Pada 3 Mei, 2009, Girls' Generation membintangi acara realitas baru, SNSD Horror Movie Factory, dengan episode perdana menerima rating pemirsa sebesar 3,3%. Acara ini kemudian dibatalkan setelah enam episode karena rendahnya peringkat. Diumumkan bahwa acara baru dibintangi oleh kelompok populer disebut Himnaera-Him! ("Cheer Up!") terpilih untuk mengambil slot waktu, dan mulai ditayangkan minggu setelah episode terakhir dari Horror Movie Factory.[41] Namun, saat kelompok ini merilis EP baru mereka 'Tell Me Your Wish (Genie)' dan menjadi sibuk dengan promosi, acara itu dihentikan setelah hanya 2 episode ketika manajemen kelompok memutuskan untuk memilih mereka meninggalkan segmen MBC Sunday Sunday Night.[42] Pada tanggal siaran dari episode akhir Cheer Up!, diumumkan kelompok akan membintangi acara realitas baru di KBS, berjudul Girls' Generation's Hello Baby yang mulai disiarkan pada 23 Juni 2009.[43]
Setelah istirahat sejenak, SM Entertainment mengumumkan bahwa kelompok akan kembali dengan album mini baru dengan konsep "Marine Girl". Singel baru berjudul "Tell Me Your Wish (Genie)", dengan album mini penuh yang dirilis secara digital pada 22 Juni 2009.[44][45] Kelompok memulai kegiatan promosi mereka pada tanggal 26 Juni 2009, muncul pada KBS Music Bank.[46] Penampilan diikuti oleh tindak lanjut pertunjukan comeback pada MBC Show! Music Core dan SBS Inkigayo pada tanggal 27 Juni dan 28, 2009. Pelepasan fisik Genie tertunda oleh SM Entertainment untuk mengulang album art, dan dirilis empat hari kemudian pada 29 Juni 2009.[44]
Kemenangan pertama mereka untuk singel "Sowoneul Malhaebwa (Genie)" diperoleh pada 10 Juli 2009 episode dari KBS Music Bank. Penghargaan kedua mereka diklaim pada 12 Juli 2009 episode SBS Inkigayo. Dalam beberapa hari, lagu menemapti peringkat atas pada 10 chart musik digital yang berbeda.[47] Lagu juga mendapat penghargaan sebagai album yang paling populer dan download ringtone.[48]
Track terbukti sukses karena menaklukkan berbagai situs musik, termasuk Melon, Dosirak, Mnet, and Bugs, dan nomor satu di tangga lagu mingguan dan grafik ringtone SKT mingguan dari minggu pertama bulan Juli.[49] Album mini diperkirakan terjual sebanyak 50.000 eksemplar + dalam minggu pertama setelah dirilis (hampir dua kali lipat dari angka penjualan minggu pertama dari Gee), prestasi yang tidak biasa untuk setiap kelompok gadis Korea.[50] The albums went to sell over 200,000 as of 2010.[51]
Album mini mereka telah menduduki nomor satu di chart B2S Top 20 di Thailand. “Tell Me Your Wish” juga hits nomor satu di ‘International Music Chart’ segera setelah perilisan. Album ini juga menduduki tempat teratas pada chart Gram Pop Top 10 selama dua minggu berturut-turut.[52] The group finished promotions for "Sowoneul Malhaebwa (Genie)" in August 15, 2009. [53]
Pada November 2009, SM Entertainment mengumumkan Into The New World Tour mereka. Tiket untuk tur mulai dijual pada 19 November,[54] dan terjual habis dalam 3 menit.[55] Tur awalnya terdiri dari dua acara Korea pada tanggal 19 dan 20 Desember 2009.[56] Tur dimulai di Seoul's Olympic Park Fencing Stadium pada tanggal 19 dan 20 Desember dan dilanjutkan ke kota-kota Asia lainnya, termasuk Shanghai.[57] Kemudian dimumkan bahwa kelompok akan memiliki dua pertunjukkan "Encore" untuk 27 dan 28 Februari 2010.[58] Pada tanggal 17 Desember 2010 pertama kali diumumkan bahwa Girls' Generation akan merilis album live pertama mereka.[59] Ini direkam sejak tanggal 19 Desember 2009 di Olympic Fencing Gymnasium selama Girls' Generation's 1st Asia Tour mereka.
2010: Oh!, Run Devil Run, debut di Jepang dan Hoot
Pada bulan Januari, SM Entertainment mengonfirmasi bahwa Girls' Generation akan merilis album keduanya, Oh! pada tanggal 28 Januari.[60] Singel utama dari album tersebut yang berjudul "Oh!" dirilis secara digital pada 25 Januari disusul dengan video klipnya yang dirilis dua hari setelahnya.[61] Pada tanggal 30 Januari, kelompok dimulai promosi dengan rekaman MBC Show! Music Core.[62] Siaran penampilan mengalami pemadaman dekat akhir, dimana MBC membuat kinerja keseluruhan secara online yang tersedia dalam menanggapi hal ini.[63] Dengan "Oh!", kelompok menempati tempat pertama untuk memenangkan lima kali berturut-turut K-Chart di KBS Music Bank, serta mencapai triple crown pada SBS Inkigayo.[64] "Oh!" juga menang di Music Bank K-chart setengah tahun, datang pada kedua pada babak pertama grafik penjualan album Hanteo,[65] dan juga memenangkan K-Chart akhir tahun. Video musik peringkat sebagai nomor satu terbanyak dilihat di YouTube video di Korea pada akhir 2010. Juga nomor satu di Hong Kong dan membuat sepuluh besar baik di Taiwan dan peringkat Jepang.[66]Dimulai pada tanggal 11 Maret 2010, foto-foto anggota yang dirilis secara online menampilkan konsep gelap, dijuluki "Black SoShi".[67] Sebuah video teaser dirilis pada 16 Maret, dengan singel baru Run Devil Run dirilis sebagai singel digital pada 17 Maret.
Pertengahan Juni, diumumkan bahwa kelompok itu menandatangani kontrak pada bulan Mei, dan akan mulai bekerja di bawah label rekaman Universal Music Japan, Nayutawave Records Japan untuk promosi mereka di Jepang, dengan singel pertama mereka di Jepang diperkirakan akan dirilis pada bulan September 2010.[68][69][70] Girls' Generation mulai promosi di Jepang pada bulan Agustus. "少女時代到来~初来日記念盤~" (Girls' Generation's Arrival ~ First Time in Japan Commemoration Disc ~), sebuah DVD yang menampilkan tujuh video musik kelompok serta rekaman bonus khusus, dirilis pada 11 Agustus, dengan edisi khusus dari DVD berisi glowstick merah muda serta tiket masuk untuk debut Girls' Generation di Tokyo Ariake Colliseum pada 25 Agustus.[71] Pada minggu pertama setelah rilis, DVD terjual 23.000 eksemplar, peringkat keempat di peringkat Oricon mingguan DVD dan ketiga pada peringkat DVD musik mingguan,[72] dan membuat Girls' Generation kelompok wanita pertama K-pop untuk membuat peringkat Oricon DVD Top-5.[73]
Di tengah kegiatan mereka di Jepang, kelompok juga berpartisipasi dalam SMTown Live '10 World Tour bersama label-mate pada 21 Agustus di Seoul Jamsil Olympic Stadium.[74] Mereka berpartisipasi dalam Shanghai berikutnya, Los Angeles, Paris dan Tokyo.[75]
Pada tanggal 25 Agustus, kelompok mengadakan showcase pertama mereka di Tokyo Ariake Colliseum.[76] Dengan 10.000 penggemar awal diundang, dilaporkan menjadi rencana paling besar-besaran untuk artis Korea memulai debutnya di Jepang.[71] Namun, karena tingginya jumlah peserta yang diharapkan, manajemen kelompok mengumumkan bahwa menampilkan akan berlangsung tiga kali dalam hari yang sama bukan sekali untuk menampung sejumlah besar penggemar.[77] Kelompok menyanyikan lima lagu Korea mereka di masing-masing penampilan, dan jumlah peserta lebih dari ketiga menunjukkan diperkirakan setidaknya 22.000.[78] Pada showcase ini, video musik Jepang "Genie" juga diungkapkan publik untuk pertama kalinya dan teaser yang telah dirilis beberapa hari sebelumnya pada 20 Agustus.[79]
Singel debut Jepang mereka, "Genie" debut di tempat kelima pada hari yang sama peluncurannya pada harian Oricon Charts dan kemudian naik ke posisi kedua di Daily Oricon beberapa waktu kemudian, mendapatkan posisi keempat pada peringkat mingguan Oricon.[80][81][82] Kelompok juga menempati nomor satu pada grafik video musik Jepang iTunes' dan kedua di Rekochoku chart harian video klip dan chart film yang masuk peringkat harian sehari kemudian.[83] Dengan pre-order sebesar 80.000, singel dijual sebanyak diperkirakan 45.000 eksemplar pada minggu pertama setelah rilis.[84][85] Pada tanggal 20 Oktober 2010, kelompok merilis singel kedua mereka di Jepang, "Gee".[86][87]
Seminggu setelah merilis singel Jepang mereka, kelompok ini merilis album mini Korea ketiga mereka, Hoot pada 27 Oktober 2010, berisi lima track.[88] Video untuk singel utama, "Hoot", lagu aslinya ditulis dalam bahasa Inggris sebagai "Bulletproof", dirilis pada 28 Oktober.[89][90] Girls' Generation memulai kegiatan promosi mereka dengan panggung comeback pada KBS Music Bank pada 29 Oktober.[91] "Hoot" cepat naik ke puncak tangga lagu dan menerima tempat nomor satu di banyak acara musik, terbukti rilis lain yang sukses untuk grup.[92][93][94][95] Kelompok bersamaan mempromosikan "Hoot" dan "Gee" di Korea dan Jepang masing-masing, dan berpartisipasi dalam siaran musik Jepang seperti FNS Music Festival, di mana mereka tampil dengan dua singel Jepang mereka, "Gee" dan "Genie" pada tanggal 4 Desember.
Pada 22 Desember 2010, "Hoot" itu dikemas ulang dengan lagu tambahan dari album sebelumnya dan dirilis di Jepang. Rilis naik ke posisi kedua pada tangga lagu Oricon dan terjual 21.000 eksemplar pada hari pertama, faring sangat baik mengingat bahwa semua track termasuk yang seluruhnya dalam bahasa Korea.[96]
Pada 9 Desember 2010, kelompok menghadiri Golden Disk Awards dan dianugerahi tiga penghargaan termasuk Disk Daesang (Album of the Year) untuk album studio kedua mereka Oh!. Kelompok ini juga menjadi kelompok gadis pertama yang memiliki Disk Daesang (2010) dan Digital Daesang (2009). Pada 15 Desember 2010, kelompok menghadiri Melon Music Awards memenangkan penghargaan Best Dressed Singer dan penghargaan Hot Trend Song untuk, "Hoot", juga penghargaan Artist of the Year. Ini akan menjadi kedua berturut-turut penghargaan 'Artist of the Year' untuk kelompok. Mereka menempati teratas Hanteo tahunan chart Singer Award untuk 2010.[97]
Nama kelompok ini terdaftar pada daftar Asia Today 50 Korean power leaders for 2011 di nomor 44, menjadi satu-satunya grup idola dari daftar.[8] Girls' Generation ditetapkan "Artist of the Year" oleh Dosirak, Soribada, Korea Gallup, Hanteo dan Sport Korea dan juga memenangkan Best Song of The Year dengan "Oh!" di Monkey 3.[98][99]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar